Multicursor - Working In Background PROFIL PUSKESMAS TANGEN - UPTD PUSKESMAS TANGEN Hell Yeah Pointer 8

PROFIL PUSKESMAS TANGEN


     
A. LATAR BELAKANG PENYUSUNAN PROFIL PUSKESMAS

    Profil UPTD Puskesmas Tangen adalah gambaran situasi kesehatan di UPTD Puskesmas Tangen yang diterbitkan setiap tahun sekali, Dalam Profil ini memuat berbagai data tentang kesehatan, yang meliputi data derajat kesehatan, upaya kesehatan dan sumber daya kesehatan. Profil kesehatan juga menyajikan data pendukung lain yang berhubungan dengan kesehatan seperti data kependudukan, data sosial ekonomi, data lingkungan dan data lainnya. Data dianalisis dengan analisis sederhana dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.

B. TUJUAN PENYUSUNAN PROFIL

1. Tujuan Umum
    Tujuan dari penyusunan Profil UPTD Puskesmas Tangen ini adalah untuk memperoleh dan menghadirkan informasi kesehatan serta faktor-faktor kesehatan lainnya yang dapat dijadikan sebagai bahan penilaian tercapai atau tidaknya target kegiatan, yang kelak dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan langkah-langkah perencanaan selanjutnya.
2. Tujuan Khusus
    Diperolehnya data/informasi kesehatan di tingkat UPTD Puskesmas Tangen, yang menyangkut data-data sebagai berikut :
    1. data/informasi derajat kesehatan masyarakat
    2. data/informasi perilaku masyarakat di bidang kesehatan
    3. data/informasi kesehatan lingkungan
    4. data/informasi yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan 
3. Manfaat
    Manfaat yang diharapkan dari penyusunan profil ini adalah sebagai suatu alat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan langkah-langkah selanjutnya khususnya pembangunan di bidang kesehatan.

C. GAMBARAN UMUM  UPTD PuskesmaS TANGEN

1. KEADAAN GEOGRAFIS

    Puskesmas Tangen berdiri pada tanggal 1 Januari 1975 dengan Kepala Puskesmas pertama dr. Purwadi. Macam pelayanan yang dilaksanakan adalah BP Umum, KIA/KB, BP Gigi, Ruang Obat, Imunisasi, Malaria, RR/loket dengan jumlah karyawan karyawati sebanyak 17 orang.
    Seiring meningkatnya kunjungan dan dorongan dari stake holder yang ada maka dirintislah pelayanan rawat inap yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen Nomor 445/1427/23/2004 tentang Penetapan Puskesmas Perintisan Rawat Inap Kabupaten Sragen tanggal 30 Juli 2004.
    Letak wilayah Puskesmas Tangen di pedesaan sekitar 20 kilometer disebelah Utara kota Kabupaten Sragen yang beralamat di Jln. Raya Tangen- Galeh KM. 2 Gupakwarak, Dukuh, Telp. 08112657003. Wilayah Puskesmas Tangen merupakan dataran rendah di ketinggian 15 di atas permukaan laut, di bagian Utara Kabupaten Sragen yang berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Hal ini berarti cakupan pelayanan juga berasal dari luar daerah. Produk yang dihasilkan adalah jasa pelayanan, dengan pelayanan yang profesional sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) maka pelanggan akan menilai hasil kinerja Puskesmas.

a. Keadaan Demografi
    Puskesmas Tangen terletak disebelah Utara Kabupaten Sragen dengan Batas batas sebagai berikut :
·      Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten  Grobogan
·      Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Ngrampal
·      Sebelah Barat berbatsan dengan Kecamatan Gesi
·      Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Jenar
  Terdiri dari 7 desa binaan yaitu  :Katelan, Dukuh, Jekawal, Galeh, Ngrombo, Sigit, DenanyarPelayanan Kesehatan  terdiri dari  :
·      1 Puskesmas Induk dengan Rawat Inap
·      2 Puskesmas Pembantu
·      7 Pos Kesehatan Desa
·      52 Posyandu
·      4 Praktek Bidan Swasta
·      2 Klinik swasta
    Puskesmas   Tangen   terletak   di Desa Dukuh dengan   jangkauan pelayanan terjauh 15  Km  ,dengan   kondisi wilayah yang sebagian besar daerah kapur dan berbukit ,dan Akses jalan sebagian besar  rusak dimusim hujan sangat licin. Luas wilayah  kecamatan Tangen  53,12 km dengan kepadatan penduduk   541,75 jiwa/km2Dengan jumlah penduduk 28.778  jiwa pada Tahun 2015.

Peta wilayah Kecamatan Tangen

2. Perilaku Penduduk

a. Lingkungan
    Wilayah Tangen termasuk padat penduduk dan masih banyak terdapat daerah pertanian. Kecamatan tangen merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sragen dengan 43,79% berupa lahan perkebunan/tegal, 19,40% berupa lahan sawah dan 24,12% berupa pemukiman.
b. Keadaan Sosial, Ekonomi dan Budaya
    
1)      Jenis Mata Pencaharian
    
    Mata pencaharian penduduk dalam memenuhi kebutuhan keluarga rata-rata mempunyai pekerjaan yang komplek dan fleksibel menyesuaikan pangsa pasar sesuai dengan produk lokal, dengan demikian kerasnya kehidupan saat ini dapat diimbangi dengan penghasilan yang diperoleh.
    Mata pencaharian didominasi di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan pertanian sebesar 51,56%, di bidang pertambangan sebesar 1%, di bidang industri pengolahan sebesar 5,43%, di bidang perdagangan dan akomodasi sebesar 8,02%, di bidang angkutan dan komunikasi sebesar 1,49%, di bidang keuangan dan real estate sebesar 0,1%, di bidang jasa sosial dan lainnya sebesar 32,36%.

2)      Keagamaan

   Kegiatan keagamaan dalam upaya pembinaan mental spiritual masyarakat beragama rata-rata beragama Islam, karena tersedianya fasilitas yang cukup menonjol berupa masjid sebanyak 33 , langgar sebanyak 58, mushola sebanyak 6, begitu juga untuk yang non muslim memungkinkan untuk menjalankan ibadah dengan adanya 2  gereja di kecamatan Tangen.

3)      Tingkat Pendidikan Masyarakat

    Tingkat pendidikan lulusan PT/akademi sebesar 0,82%, lulusan SMA sebesar 8,87%, lulusan SMP sebesar 12,58%, lulusan SDsebesar34,68%, tidak tamat SD sebesar 19,96%, belum tamat SD sebesar 10,32%, tidak atau belum sekolah sebesar 12,75%.

b.   Aspek Legalitas

    Puskesmas Tangen Kabupaten Sragen adalah Puskesmas rawat jalan dengan rawat inap sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen Nomor 445/1427/23/2004 tentang Penetapan Puskesmas Perintisan Rawat Inap Kabupaten Sragen tanggal 30 juli 2004. Sifat strategi bisnis adalah sosio ekonomi atau not to profit dan lebih menekankan pada pelayanan sosial kepada masyarakat tidak mampu bagi masyarakat di wilayah Sragen.


Diberdayakan oleh Blogger.